Brain Based Parenting : Mengenal Fungsi &Sifat Bagian Otak Anak-Langkah awal mencerdaskan anak

Orang tua merupakan pendidik / guru yang mengajari anaknya berbagai hal untuk pertama kalinya sebelum anak masuk sekolah atau mengenali dunia luar.

Bahkan setelah anak masuk ke sekolah pun orang tua tetap harus mendidiknya, tidak boleh kemudian lepas tangan menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya ke sekolah.

Oleh karena itu, menjadi orang tua adalah menjadi guru. Seorang guru berkewajiban mendidik sang anak hingga tercapai apa yang diharapkan. Mendidik tentu berkaitan langsung dengan berpikir dan mengajarkan cara berpikir. Dan berpikir menggunakan alat yang namanya otak sehingga orang tua perlu mengetahui fungsi dan sifat bagian otak beserta cara/alur kerjanya.

Dalam sebuah buku karya Munif  Chatib, otak manusia secara sederhana dibagi menjadi tiga bagian, yaitu otak reptil, otak limbik dan otak neokorteks.

Otak reptil berfungsi memerintahkan tubuh bergerak jika terjadi bahaya "lari" atau "lawan".
Sifat otak ini langsung bereaksi tanpa berpikir jika mendapat respon takut, stres, terancam, marah, kurang tidur, atau kondisi tubuh lemah.

Otak limbik berfungsi untuk mengendalikan emosi, membantu mempertahankan keseimbangan hormonal, rasa haus dan lapar, dorongan seksual, pusat kesenangan, metabolisme dan bagian penting untuk ingatan jangka panjang.

Otak Neokorteks berfungsi sebagai tempat berpikir, berbicara, melihat dan mencipta. Atau bisa dikatakan sebagai tempat kecerdasan /IQ.

Yang unik adalah alur cara kerja ketiga otak tersebut berkaitan dengan proses masuknya informasi hingga informasi tersebut menjadi sebuah pemahaman.

Menurut Munif, ketiga otak itu membentuk semacam saluran arus informasi. Informasi pertama akan masuk melalui otak reptil diteruskan ke otak limbik dan kemudian ke neokorteks.

Garda terdepannya adalah otak reptil, sehingga seluruh informasi akan disaring dulu di otak reptil. Apabila otak reptil terpuaskan maka informasi tersebut akan mencapai neokorteks dan diolah dalam aktivitas berpikir.

Memuaskan otak reptil-masih menurut munif- dapat dapat memberikan dampak informasi yang diterima neokorteks menjadi utuh/sempurna untuk selanjutnya diolah dalam proses berpikir. Jika otak ini tidak puas,maka informasi yang diolah tidak sempurna.

Referensi : "Kelasnya Manusia" karya Munif Chatib

Ilustrasi : Google
Dapatkan disini!
*Tersedia ukuran XS, S, M, L, XL, XXL, dan XXXL.
*Bahan Cotton Combed 20s (standar distro)
* Tabalong Only
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Rp 75.0000
Rp 75.000
Rp 75.000

0 Response to "Brain Based Parenting : Mengenal Fungsi &Sifat Bagian Otak Anak-Langkah awal mencerdaskan anak"

Post a Comment