Brain Based Teaching : KONSENTRASI BELAJAR PALING TINGGI TERDAPAT DI AWAL DAN AKHIR PEMBELAJARAN

Coba baca tulisan di dalam gambar!
"Menurut penelitian para ahli, meskipun huruf dalam sebuah kata diacak, kata tersebut masih bisa dibaca dengan mudah, asalkan posisi huruf pertama dan terakhir tidak diubah karena kecenderungan otak yang lebih fokus pada awal dan akhir dari sebuah proses"

Hal itu sesuai dengan karakter salah satu otak kita, yaitu otak reptil. Kenapa disebut otak reptil karena otak ini juga dimiliki oleh hewan golongan reptil. Reptil memiliki sifat yang selaku siaga terhadap bahaya yang mengancam keselamatan dirinya. Hal-hal yang membuat cemas dan rasa takut akan mengaktifkan kerja otak ini.

Otak reptil memiliki peranan yang penting dalam proses berpikir di dalam otak kita. Bagian ini akan menerima dan menyaring berbagai informasi yang kita terima. Jika otak reptil dapat menerima informasi dengan baik maka kita akan memperoleh sebuah pemahaman.
Tidak semua informasi dapat diterima melalui otak ini karena hanya hal-hal yang membuat otak ini puas yang akan diteruskan secara utuh ke bagian otak limbik dan neokorteks.

Menit-menit pertama dalam proses pembelajaran sangatlah penting sebab otak reptil terpuaskan atau tidak, bergantung pada menit-menit pertama ini. Jika pengajar mengawali proses mengajar dengan apersepsi yang menarik, biasanya pembelajaran seterusnya akan berhasil sebab otak reptil sudah terpuaskan. Demikian juga pada saat ingin mengakhiri pembelajaran, pengajar memiliki kesempatan lagi untuk memuaskan otak reptil siswanya.
Guru / pengajar harus memahami bahwa  konsentrasi siswa berada pada awal dan akhir pembelajaran.

Sumber Referensi : "Kelasnya Manusia", oleh Munif Chatib
Dapatkan disini!
*Tersedia ukuran XS, S, M, L, XL, XXL, dan XXXL.
*Bahan Cotton Combed 20s (standar distro)
* Tabalong Only
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Rp 75.0000
Rp 75.000
Rp 75.000

0 Response to "Brain Based Teaching : KONSENTRASI BELAJAR PALING TINGGI TERDAPAT DI AWAL DAN AKHIR PEMBELAJARAN"

Post a Comment