Komunikasi Antara Ayah Dengan Anak


Dialog antara anak dengan orang tua sangat mahal harganya. Membuat anak menjadi terbuka mau berdialog dengan kita bukanlah hal yang terjadi serta merta, namun melalui proses yang panjang. panjang. Mulai dari sejak kecil anak harus dibiasakan menyampaikan dan mengungkapkan perasaannya. Tentunya untuk anak usia dini, mereka harus mengenali berbagai ekspresi emosi dan perasaan. Bagaimana sejak awal mereka mengenali dan mengekspresikan disaat yang tepat perasaan sedih, bahagia, rasa sakit, kecewa, marah, dan empati. Perasan itu dapat diajarkan jika komunikasi kita dengan anak berjalan lancar.

Pada dasarnya, anak usia dini masih membutuhkan dekapan kasih sayang dari kedua orang tuanya, baik ayah maupun ibu. Kasih sayang inilah yang menjadi modal awal untuk mendekatkan hati dan perasaan kita pada anak. Curahan kasih dan sayang memang membutuhkan waktu. Bagaimana kita bisa bercengkerama dengan anak kalau kita tidak meluangkan waktu untuk mereka.

Waktu yang mereka butuhkan, bukan mainan. Ibu memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan ayah. Karena ayah lebih banyak menghabiskan waktunya diluar. Lalu bagaimana peran ayah dalam berkomunikasi dengan anak?

Ternyata di dalam Al alquran, dialog ayah dengan anaknya lebih banyak dibandingkan dialog ibu dengan anak. Dalam sebuah penelitian disebutkan ada 17 dialog yang terjadi antara anak dengan orang tua : 14 dialog dengan ayah, 2 dialog dengan ibu, dan 1 dialog dengan keduanya.

Al quran ingin menyerukan kepada semua ayah untuk banyak berdialog dengan anaknya meskipun ibulah yang setiap hari dekat dengan buah hati. Marilah sebagai ayah kita mulai menjalin komunikasi dengan mereka. Sediakanlah waktu luang untuk sekedar menelpon atau menanyakan kabar.

Seorang ayah yang hebat akan menganggap waktu untuk anak lebih penting dibandingkan waktu untuk bertemu dengan klien atau rekan bisnisnya. Mereka akan menyediakan waktu spesial buat buah hatinya. Komunikasi tidak harus bertatap muka dalam satu tempat. Kesibukan dalam bekerja jangan sampai membuat ayah melupakan anaknya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dapatkan disini!
*Tersedia ukuran XS, S, M, L, XL, XXL, dan XXXL.
*Bahan Cotton Combed 20s (standar distro)
* Tabalong Only
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Rp 75.0000
Rp 75.000
Rp 75.000

0 Response to "Komunikasi Antara Ayah Dengan Anak"

Post a Comment