Jalan-jalan ternyata banyak manfaat dan pahalanya

Hai, akhir pekan ini kemana keluarga kita mau jalan-jalan?Mungkin ada yang ke luar negeri, luar pulau,luar kota atau bahkan di tempat sekitar rumah. Tidak ada masalah mau jauh atau dekat, yang penting jalan keluar rumah dan keluar dari rutinitas harian kita.

Eh , ingat ya, kalau mau jalan-jalan ajak juga anak dan istri kita, kalau perlu sekalian sama kakek, nenek dan saudara hehe..biar ramai. Kalau saya sih ajak istri dan anak saja karena keluarga berada jauh dari tempat tinggal kami. Atau kadang-kadang pergi bersama kawan se halaqoh.

Bagi saya, jalan-jalan merupakan cara menghilangkan kejenuhan setelah bekerja dan menjaga anak...iya menjaga anak di rumah saat istri bekerja. Kami berdua, sama-sama bekerja dan berbagi tugas dalam mengasuh anak. Kami semua bisa mengalami kejenuhan yang sama sehingga jalan-jalan sangat diperlukan. Manfaat lain jalan-jalan adalah sebagai sarana edukasi bagi anak dan meningkatkan peran orang tua dalam mendidik anak. Ya begitulah seharusnya kita memberikan waktu bagi mereka bukan sekedar memberikan mainan.

Rosulullah SAW bersabda :
"Sungguh aku berjalan bersama seorang saudara (muslim) didalam sebuah keperluan lebih aku cintai daripada aku beritikaf di dalam masjidku (masjid nabawi) ini selama sebulan"
(HR. Ath thabarani dan dishahihkan oleh Al Albani didalam silsilat Al hadist As shahihah no 906).

Di dalam Alquran QS. Nuh ayat 19 dan 20, Allah SWT berfirman :
"Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan (19), agar kamu dapat pergi kian kemari di jalan-jalan yang luas (20)"

Pahala jalan-jalan untuk tujuan beribadah, yaitu mendidik anak, tadabur alam, dan menyenangkan hati, InsyaAllah memiliki pahala lebih besar dari itikaf selama sebulan di masjid nabawi. wow.

Seusai jalan-jalan diharapkan pikiran lebih segar untuk melanjutkan aktivitas harian kita. Disamping itu, jalan-jalan akan memberikan kesan yang lebih mendalam kepada anak-anak daripada kita membelikan mainan yang 2-3 hari sudah bosan. Selain itu, hubungan kita dengan pasangan menjadi fresh kembali.

Selamat berakhir pekan ya...

0 Response to "Jalan-jalan ternyata banyak manfaat dan pahalanya"

Post a Comment